TIPS MERAWAT BATERAI

T Diposting oleh pada 7 October 2019
F Kategori , ,
b Comments Off on TIPS MERAWAT BATERAI
@ Dilihat 5284 kali

Baterai adalah nyawa bagi laptop. Tanpa adanya baterai, arus listrik tidak akan teralirkan ke laptop jadi laptop tidak bisa menyala. Umur baterai rata-rata pemakai laptop hanya berkisar 1–2 tahun. Di atas itu, kondisi baterai telah mulai menurun.

By: Vivi

Kebiasaan Buruk yang Perlu Anda Hindari :

1. Main Laptop Sambil Di-Charge

Tidak sedikit orang yang bermain laptop sambil diisi ulang alias di-charge. Biasanya sebab tidak mau repot harus isi ulang ketika baterai laptop habis. sebaiknya hindari kebiasaan tersebut sebab bisa memperpendek umur si baterai. Tidak hanya itu, charging baterai sambil dipakai juga bisa menambah temperatur yang menyebabkan laptop mudah panas serta rusak.

Isi ulanglah ketika laptop dalam kondisi mati sebab bisa mempercepat pengisian, suhu stabil, serta mencegah penurunan kualitas baterai.

2. Mengisi Ulang Saat Baterai Belum Habis

Ada juga pemakai laptop yang tak jarang men-charge laptop ketika baterainya tetap 50%, 60%, bahkan 90%. Perbuatan ini bukanlah kebiasaan yang baik.

Untuk diketahui, penurunan nilai bateraiberbanding lurus dengan jumlah intensitas pengisian ulang. Saat ini, tipe baterai yang dipakai laptop pada umumnya adalah Lithium ion (li-on) yang mana hanya bisa mempertahankan kualitas untuk 400 hingga 600 kali isi ulang. Ketika telah melalui rentang angka tersebut, maka bakal terjadi penurunan kualitas baterai.

Baterai yang diisi dari 90% ke 100% serta dari 1% ke 100% dianggap sama yaitu sebagai satu kali isi ulang. Oleh sebab itu, mengisi ulang ketika baterai laptop hampir habis jauh lebih baik daripada setengah atau seperempat sebab bisa mengurangi intensitas pengisian ulang baterai.

3. Taruh Laptop di Atas Bahan Halus

Laptop mempunyai sirkulasi udara dibagian bawahnya. Setiap kali laptop beroperasi, ia bakal mengeluarkan udara panas yang datang dari prosesor. Sementara itu, alas-alas semacam kasur, sofa, alias karpet mempunyai performa menyerap panas. Bisa dibayangkan, suhu panas bakal bersarang ketika laptop ditaruh di atas alas-alas berbahan lembut itu.

Mulai sekarang, perbaiki alas duduk laptop kamu. Alas-alas duduk yang bagus adalah yang mempunyai performa membuang panas, bukan menyerap panas. Ciri utamanya, alas ini berbahan kasar serta kuat semacam kayu, keramik, serta sebagainya.

4. CTT(charging tinggal tidur)

Kebiasaan kurang baik selanjutnya adalah tertidur dengan laptop yang di-charge alias CTT (charging tinggal tidur). Faktor ini tak baik sebab membiarkan arus listrik semakin mengalir yang bisa menyebabkan over-charge. Sebagai informasi, laptop yang diisi ulang semakin-menerus bisa mengdampakkan baterai bocor sebab kelebihan muatan.

Oleh sebab itu, setop pengisian ketika baterai telah terisi penuh. Hindari tidur sementara laptop dibiarkan dalam kondisi charging.

5. Menutup Laptop dalam Keadaan Masih Menyala

Nah, kesalahan satu ini pasti sering banget Anda lakukan. Setelah dipakai, Anda langsung menutup laptop dalam keadaan masih menyala atau tidak di-shutdown. Tidak masalah jika hanya sesekali, tetapi jangan menjadi kebiasaan. Tahukah Anda? Menutup laptop dalam keadaan menyala ternyata berbahaya untuk keamanan dan performa dari laptop itu sendiri.

Oleh karena itu, hindari menutup laptop dalam keadaan menyala sebisa mungkin. Jika perlu setelah laptop di-shutdown, tunggu dahulu beberapa saat agar hawa panas yang dihasilkan laptop dapat tersalurkan dengan baik.

6. Pasang Charge ke Laptop Dulu atau ke Listrik Dulu?

Anda seharusnya menyambung charger terlebih dahulu ke sumber listrik, barulah kemudian Anda menghubungkannya ke laptop Anda. Alasannya, loncatan arus pada charger ketika pertama dicolokan tidak stabil. Jika Anda masih melakukan kesalahan ini secara rutin,

7. Charge Laptop Meski Baterai Tidak Habis

Usahakan untuk mengisi ulang daya baterai laptop ketika baterai hampir habis yaitu mencapai 10 persen. Jangan biarkan sampai baterai kosong sama sekali dan jangan juga mengisi baterai laptop jika persentase baterainya masih di atas 30 persen. Kedua hal tersebut justru bisa membuat kemampuan baterai dalam menyimpan daya semakin berkurang.

8. Tidak Memasang Baterai Laptop dan Langsung ke Colokan Listrik

Apakah Anda pernah menggunakan laptop dengan langsung tersambung ke listrik dengan kondisi baterai laptop dilepas? Banyak yang salah kaprah bahwa hal tersebut bisa membuat baterai laptop tahan lama. Padahal, tindakan tersebut bisa merusak motherboard laptop Anda. Alasannya, karena kondisi tersebut rawan akan loncatan daya listrik yang tidak teratur, dan bisa menyebabkan konsleting. Ciri-ciri motherboard rusak bisa terlihat dari adanya bekas konsleting pada motherboard laptop.

9. Meletakkan Laptop di Pangkuan atau di Kasur

Sebaiknya tindakan ini jangan menjadi kebiasaan, karena hal tersbeut bisa membuat aliran udara di bawah laptop menjadi terhambat dan hawa panas dari laptop akan terperangkap. Jika sudah panas, bukan hanya laptop saja yang rusak, tetapi paha Anda juga bisa terbakar.

Sifat dari benda-benda empuk seperti kasur, kursi sofa, dan benda berbahan lembut lainnya adalah tak bisa membuang udara panas dan lebih bersifat menyerap panas. Itu artinya, jika Anda menempatkan laptop di atas benda-benda berbahan lembut, dikhawatirkan lubang-lubang sirkulasi udara di bawah laptop akan tertutup. Saat laptop sedang bekerja dan lubang sirkulasinya tertutup, maka hal ini menjadi penyebab laptop cepat panas yang bisa berujung pada overheat pada komponen laptop. Akibatnya bisa fatal, yaitu kerusakan pada laptop Anda.

10. Tingkat Kecerahan Layar Laptop Terlalu Tinggi

Jika Anda menggunakan tingkat kecerahan layar laptop yang terlalu tinggi, selain bisa merusak penglihatan Anda, juga bisa membuat baterai laptop Anda menjadi boros. Oleh karena itu, aturlah tingkat kecerahan laptop Anda yang disesuaikan dengan kebutuhan.

a Artikel Terkait TIPS MERAWAT BATERAI

Gagal booting dan cara mengatasinya

T 10 April 2018 F A kumara

Tips Mengatasi Problem Komputer Gagal Masuk ke Windows Menyalakan atau me-restart komputer, tapi komputer hanya menampilkan error ketika mencoba masuk ke Windows adalah hal yang menjengkelkan. Artikel ini mungkin bisa membantu mengatasinya. Ketika komputer startup, dan ternyata tidak mau masuk... Selengkapnya

Cara kerja sistem SHUT DOWN

T 11 April 2018 F A kumara

Jelaskan apa itu SYSTEM SHUTDOWN…? System buat matiin laptop,jika ada masalah pada main power dan thermal tip. thermal trip itu apa jawabannya  thermal trip itu system pembacaan sensor panas pada procesor dan chipset. target dari pemahaman untuk menjelaskan hal berikut:... Selengkapnya

Tutorial Installasi Windows 7 32 bIt Dan 64 bit Lengkap Dengan Gambar

Langkah-langkah Cara Menginstall Windows 7  Baiklah, setting BIOS agar booting dari CD/ DVD selesai. Sekarang waktunya instalasi windows 7. Menginstall windows 7 tidaklah sulit, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini dengan seksama . Langkah pertama, tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi.Silakan pilih Indonesian... Selengkapnya

+ SIDEBAR

K-KOMPUTER(Your Partner IT Solutiuon)

WORKSHOP

Alamat
Jl. Swakarya No. 88x
Mataram NTB

Jam Kerja
Senin—Sabtu: 9:00–18:00
Minggu & Libur Nasional: TUTUP

Tentang Kami

K-Komputer, menerima service segala merk Laptop/Notebook, Komputer, LCD Projector & Printer, didukung tenaga profesional, kami memberikan yang terbaik untuk anda.

Google Maps